Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung tidak pernah menyangka kalau dirinya berkesempatan untuk mengukir sejarah sebagai Karate-Ka Indonesia mengikuti kualifikasi Olimpiade dan berpeluang menjadi Karate-Ka Indonesia pertama yang dapat mengikuti Olimpiade.

Seperti yang telah kita ketahui, Olimpiade Tokyo 2020 yang tertunda ke 2021 ini merupakan Olimpiade pertama yang mempertandingkan Karate. Sedangkan tuan rumah Olimpiade berikutnya di Paris meniadakan Karate dalam daftar cabang olahraga yang dipertandingkan. Padahal Perancis merupakan negara yang memiliki Juara Top dan ranking dunia seperti Steven Dacosta.

Baca Juga: atlet atlet yang lolok kualifikasi Olimpiade disini

Ceyco saat ini merupakan anggota Tim Pelatnas Kelas Kumite -68 Kg Putri yang sejak awal tahun 2021 telah melakukan pelatihan terpusat bersama tim pelatnas lainnya untuk menghadapi Kejuaraan Sea Games 2020 yang akan dipertandingkan di Vietnam pada tanggal 21 November – 2 Desember 2021. Dalam perjalanannya, Ceyco juga berlatih untuk menyiapkan diri mengikuti rangkaian kegiatan kualifikasi Olimpiade yang salah satunya pada akhir April lalu di Lisbon, Portugal dan 11-13 Juni mendatang di Paris.

Jauh sebelum bergabung dalam tim pelatnas senior ini, Cecyo mudah pada tahun 2016 sempat menyampaikan kepada OSH TV bahwa dirinya sangat senang dengan dipertandingkannya Karate di Olimpiade. Ceyco berharap dapat mengejar cita-cita tantenya (Jenny Zeannet) karena pada masa keaktifan Jenny Zeannet sebagai atlet, Karate belum dipertandingkan di Olimpiade. Ceyco muda yang saat itu masih dalam kategori U21 merasa di perlukan jam terbang bagi dirinya untuk bisa mengejar prestasi seniornya.

Ceyco muda saat itu tidak pernah menyangka bahwa dirinya akan benar2 bertanding untuk merebut tiket menuju Olimpiade. Hal itu disampaikannya dalam instagram story.

Ini pas diwawancara thn 2016

Pas usia masih 17 tahun blm paham betul betapa hebat dan membanggakannya atlet2 yang bisa menjadi olympian bahkan bisa mendapatkan medali di Olympiade.

Juju waktu diwawancara dan dikasih beberapa pertanyaan, tanpa pikir panjang cuman jawab yang terlintas di kepala aja pada saat itu.

Yes, salah satunya gue jawab mau nerusin cita-cita tante Jenny Zeannet untuk bisa main di Olympiade (krn memang se-masa nya dia jadi atlet, olahraga karate blm dipertandingkan di ajang Olympiade).

Gak punya ekspetasi apapun, gak berharap banyak juga untuk bisa main di Kualifikasi Olimpiade ataupun Olimpiade itu sendiri krn memang gue sadar diri akan kemampuan yang gue punya masih jauh bgt lah dan belum sebanding sama senior2 atau atlet yang lainnya pada saat itu. 🙂

Tapi ternyata mungkin omongan yang keluar dari mulut gue pada saat itu gw perkatakan dengan iman.

Tuhan menjawab semuanya itu emg gak se-cepat kilat, tapi rencana tuhan itu memang nyata akan indah pada waktunya.

Siapa yang sangka kalau ditahun 2021 ini, dibulan Juni nanti gue punya kesempatan untuk main di Pra-Kualifikasi Olympiade?

Gue sendiripun ngerasa kaya ini semua gak REAL.

Bersyukur banget bisa dikasih kesempatan yang langka ini, sekarang tugas gue cuma bisa berusaha, kerja keras dan gak lupa untuk bawa semuanya di dalam doa.

Untuk hasilnya nanti, apapun itu balik lagi udah jadi rahasianya Tuhan. Tapi gue janji untuk berjuang semaksimalnya.

Instagram @ceycogeorgia

Sebelumnya Cecyo sempat menjadi Juara Dunia Kumite +57 Kg Junior dan Juara Asia di kelas Kumite -68 Kg Senior. Akankah Ceyco meraih mimpinya? Ikuti terus perjalanannya di OSH INFO dan OSH TV