Bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa yang populer di Asia. Selain kita sering melihatnya di elektronik yang buatan Jepang ataupun di Kereta yang diimpor dari Jepang, kita juga sering melihat dari Kartun Jepang baik Anime maupun Manga. Jika Anda penasaran untuk mempelajari bahasa Jepang, ketahui dahulu huruf-huruf yang perlu Anda ketahui untuk pelajari yaitu sebagai berikut:

1. Hiragana (ひらがな)

Huruf dasar Bahasa Jepang yang mewakili suku kata.

Contoh:

a i u e o menjadi あ い う え お

ka ki ku ke ko menjadi か き く けき

dsb dsb.

Adapun huruf huruf Hiragana adalah

2. Katakana (カタカナ)

Jenis huruf yang sama seperti hiragana yaitu mewakili suku kata namun memiliki penggunaan yang berbeda baik untuk penekanan, bahasa teknis, bahasa ilmiah, bahasa serapan dari asing maupun nama orang asing (bukan nama orang Jepang).

Contoh:

Restaurant : Re Su To Ra N atau レストラン

Nama Ricky menjadi Rikkii atau リッキー

Adapun huruf huruf Katakana adalah





3. Kanji (漢字)

Huruf yang berasal dari Tionghoa dimana setiap aksara bagaikan suatu gambar atau simbol yang memiliki arti tersendiri. Terkadang dalam suatu huruf Kanji memiliki beberapa cara bacanya. 

Contoh:

Kara/Sora : から menjadi 空

4. Furigana (ふりがな)

Merupakan huruf hiragana kecil yang ditempatkan di atas atau kanan dari huruf Kanji yang bertujuan untuk mempermudah mengetahui arti dari suatu Kanji dengan menerjemahkan ke Hiragana agar dapat terbaca. Furigana sering sekali terdapat di Manga atau di Kanji yang sulit atau kurang dipahami oleh orang banyak.

Contoh:

5. Romaji (Romaji)

Merupakan huruf romawi atau huruf latin dari cara baca huruf-huruf Jepang diatas. Huruf-huruf tersebut merupakan huruf alphabet yang tentunya kita sudah pelajari semua. Huruf Romaji adalah untuk memudahkan kita dalam membaca huruf Jepang.

Sekian merupakan huruf-huruf yang perlu kita ketahui sebelum mulai belajar Bahasa Jepang. Jika Anda ingin melanjutkan pelajaran Anda, maka saya sarankan untuk mulai mempelajari huruf Hiragana dan Katakana terlebih dahulu.

Sampai ketemu di pembelajaran selanjutnya..

)