Pelatih Kepala Syamsudin (kiri) bersama atlet Rifky (tengah) dan Romario (kanan) sebelum berangkat ke Chile

Tim Karate Indonesia kembali mengirimkan atletnya untuk berlaga di event World Karate Federation yang kali ini bertajuk Karate 1 Series A di Santiago – Chile dan akan berlangsung pada tanggal 21-23 September 2018.

Jika pada event sebelumnya Tim Nasional Karate Indonesia mengirimkan 2 atlet dari 12 atlet yang berada di timnas yaitu Cok Istri Agung (Coki) dan Srunita Sari (Sari) tanpa didampingi pelatih dan official untuk berlaga di event World Premiere League Berlin 14-16 September 2018 lalu,

kali ini timnas mengirimkan peraih medali emas Asian Games yaitu Rifky Arrosyid dari kelas Kumite -60 Kg dan Romario Satiamu dari kelas Kumite -84 Kg didampingi langsung oleh pelatih kepala Syamsuddin Barkhani.

Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai atlet lainnya namun saat ini berdasarkan ranking WKF hari ini (18/9) Rifky masih berada di ranking 329 dunia sedangkan Romario berada di ranking 92. Walaupun Rifky berhasil meraih emas pada Asian Games lalu dengan mengalahkan Juara Dunia yang sekarang memiliki posisi ranking 4 dunia yaitu Amir Mehdizadeh, ternyata hal tersebut tidak mempengaruhi ranking Rifky di WKF. Rifky masih perlu mengejar ketinggalan poin dengan mengikuti event event WKF yang dapat memberikan point agar Rifky dapat bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 seperti World Premier League, Series A dan World Championship.

Lain lagi dengan Romario yang tidak dipertandingkan pada Asian Games lalu namun yang bersangkutan memiliki poin yang bagus sejak meraih posisi 5 besar di Kejuaraan Asia ke 15 di Amman – Yordania sehingga dirinya telah masuk 100 besar di posisi ranking 92 dan dapat berpartisipasinpada event World Premier League.

Berbeda dengan event World Premier League (WPL), Event Series A ini memiliki bobot 3x dibanding WPL yang 6x. Selain itu partisipannya pun untuk series A dibuka untuk umum sedangkan WPL khusus ranking 100 besar.

Selain atlet dan pelatih, hadir juga Dewan Wasit dari PB FORKI yaitu Haifendri Putih yang akan mengikuti refreshing wasit pada event tersebut.

Haifendri Putih
Haifendri Putih

Semoga dengan diikutinya event ini dapat memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. (rm)

Ranking Dunia Kelas Kumite -60 Kg Putra
Ranking Dunia Kelas Kumite -84 Kg Putra