Bagi Anda yang sudah mempelajari huruf Hiragana A I U E O, jika Anda perhatikan pada tabel huruf Hiragana ini maka huruf yang kita pelajari berikutnya adalah KA KI KU KE KO. Namun tidak hanya itu, pada pelajaran kali ini kita akan pelajari sekaligus GA GI GU GE GO yang memiliki huruf hampir serupa dengan KA KI KU KE KO.

Berikut merupakan huruf KA KI KU KE KO:

か : Ka

き : Ki

く : Ku

け : Ke

こ : Ko

Pastikan Anda hapalkan baik baik huruf diatas, dan jika sudah Anda dapat mulai berlatih untuk menulis huruf diatas sesuai dengan urutan tarikan garisnya sebagai berikut:






Jika Anda sudah menghapalkan huruf-huruf diatas, maka berikutnya adalah mengetahui huruf-huruf berikutnya yang nyaris persis sama. Bedanya adalah adanya tarikan dua buah garis yang dinamakan teng-teng (ten-ten) yang membuat konsonan dari huruf tersebut berubah dari K menjadi G. Sehingga huruf-huruf tersebut menjadi

が : Ga

ぎ : Gi

ぐ : Gu

げ : Ge 

ご : Go

Untuk metode penulisan masih kurang lebih sama sebagai berikut:

Jika Anda sudah pelajari cara membaca dan menulis sepuluh huruf diatas, sekarang kita hapalkan beberapa Kata yang menggunakkan 10 huruf diatas:

かく: Menulis

きく: Mendengar

きあい: (teriakan dalam olahraga beladiri)

いく: Pergi

こう: Mulut

あかい: Merah

ご: Lima

ご: Bahasa

(Beberapa huruf Jepang memiliki bunyi yang sama dengan Kanji yang berbeda)

がいこく: Asing

Stop sampai disini, pastikan Anda telah hapal bagaimana membaca dan menulis 10 huruf diatas sehingga Anda bisa masuk ke Quiz berikutnya yang lebih banyak lagi.

Anda dapat kembali ke Daftar Halaman untuk melanjutkan pembelajaran Anda.