Tim Karate Indonesia hasil seleknas PB FORKI pada bulan April lalu berhasil memperoleh 2 medali perak dan 1 medali perunggu pada ajang Asian Karatedo Federation (AKF) Senior Championship 2019 di Sport Complex Tashkent Uzbekistan pada tanggal 19-21 Juli 2019

Perolehan medali perak tersebut diperoleh oleh Ceyco Georgia pada kelas Kumite -61 Kg Putri setelah kalah dari tuan rumah Uzbekistan di Final dan Zigi Zaresta pada kelas Kata Perorangan Putra setelah mengakui keunggulan Ryo Kyuna dari Jepang. Untuk medali perunggu diperoleh Atlet Kumite -55 Kg Putri yaitu Cok Istri Agung.

Dengan demikian, Indonesia menempati peringkat ke 7 pada total pengumpulan medali, namun di Asia Tenggara Indonesia menempati posisi teratas dimana Malaysia hanya menempati posisi 9 dengan 1 perak 1 perunggu dan Vietnam pada posisi 13 dengan hanya 3 perunggu.

Shihan Djafar Djantang selaku Manager Tim dan Ketua Bidan Prestasi PB FORKI cukup bangga dengan perolehan ini, karena di tahun 2019 ini yang penuh wajah wajah baru, Indonesia tetap berprestasi dan menjadi yang terunggul dari negara-negara di Asia Tenggara. Shihan Djafar berharap di SEA Games nanti (December 2019) dapat menjadi lebih baik lagi.

Shihan Djafar juga mengatakan bahwa Kejuaraan ini tidak murni begitu saja menjadi patokan. Karena seperti misalnya Atlet Philipines yang meningkat sangat drastis di kelas Kumite Beregu namun tidak demikian di kelas Kumite Individual. Vietnam juga menjadi lawan yang perlu dipertimbangkan setelah Malaysia yang terlihat prestasinya sedikit menurun di Kejuaraan ini.

Adapun hasil lengkap pertandingan dapat didownload disini (Osh)