Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) berangkatkan 47 rombongan untuk mengikuti Kejuaraan Asian Karate-Do Federation (AKF) Championship di Kota Kinabalu, Malaysia 23-28 April 2019.

Tim Nasional ini sebelumnya telah mengikuti Training Centre selama kurang lebih sebulan di Asrama Divisi I Kostrad Cilodong dan pada seminggu yang lalu usai mengikuti Kejuaraan Karate se-Asia Tenggara dengan tajuk SEAKF Championship di Bangkok, Thailand 14-16 April 2019 dengan perolehan medali 8 emas, 10 perak dan 18 perunggu.

Adapun rombongan tim ini beranggotakan Manajer Bpk Yusran Arief, Wakil Manager Bpk Ricky Muchtar, 4 orang wasit, 6 orang pelatih dan 35 atlet.

Manajer tim Yusran Arief mengatakan bahwa keberangkatan full team ini dengan maksud untuk dapat memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada para atlet agar memiliki jam terbang international dimana disini (Kinabalu) akan menghadapi lawan lawan kuat dari Jepang, Iran, Vietnam, Tiongkok.

Hal ini sesuai dengan program kerja PB FORKI dimana kepengurusan yang baru periode 2019-2023 fokus untuk mengikuti kegiatan International untuk meningkatkan performa dan jam terbang atlet. Dalam kesempatan lain, Kabid Binpres PB FORKI Bpk Djafar Djantang mengatakan, pada tahun ini banyak sekali event wajib yang harus diikuti di luar negeri untuk mendapatkan tiket menuju Olimpiade di Tokyo 2020 dimana Karate untuk pertama kalinya diselenggarakan di Olimpiade.

Selain untuk mengikuti pertandingan, delegasi dari Indonesia juga mengirimkan perwakilan untuk mengikuti Kongres Luar Biasa AKF pada tanggal 25 April 2019. Adapun yang mewakili Ketua Umum PB FORKI Bpk Marsekal Hadi Tjahjanto dan Sekjen Bpk Raja Sapta Ervian adalah Ketua Bidang Luar Negri PB FORKI Bpk Agus Santoso, Wakil Sekretaris Jendral untuk urusan luar negeri Bpk Darly Siregar dan anggota Bid Luar Negeri Ibu Bonita Sari. (rm)