Sudah tiba di penghujung tahun, 2019 sudah didepan mata. Tahun 2018 menjadi tahun yang sengit. Pengumpulan poin untuk meraih ranking untuk mendapat tiket bertanding di Olimpiade dimulai di tahun ini. Masing-masing atlet dari seluruh dunia berlomba meraih cita untuk mengukir sejarah menjadi Karate-Ka pertama yang berlaga di ajang olahraga dengan prestise tertinggi di dunia. Yup, untuk pertama kalinya Karate dipertandingkan di olimpiade dan ini akan menjadi momen bersejarah juga dimana Karate dipertandingkan di negara kelahiran Karate itu sendiri yaitu Jepang. Bagaimana dengan Indonesia? Sudah siapkah?

VIDEO: Komentar Atlet, Pelatih, Wasit, Pengurus mengenai dipertandingkannya Karate di Olimpiade

Yuk kita perhatikan update ranking terbaru per 3 Januari 2019. Rekap data ini merupakan data terakhir yang diperoleh setelah WKF Karate 1 Series A Shanghai awal December lalu.

source: WKF Sportdata 3 January 2019

Terdapat dua kolom pengumpulan ranking dimana yang satu adalah WKF Standings atau pengumpulan peringkat pertandingan WKF yang mencakup kegiatan World Championship, Continental Championship seperti AKF Championship, WKF Karate 1 Premier League dan WKF Karate 1 Series A. Sedangkan untuk kolom satunya lagi yaitu Tokyo 2020 Olympic Standings yang merupakan pengumpulan poin yang dimulai sejak AKF Championship 2018 hingga Juni 2020 yang bertujuan untuk menentukkan peringkat yang layak untuk mengikuti Olimpiade. (Rmm)