Perguruan Karate yang dipimpin oleh Ketua Umum Jendral Pol (Purn) Badrodin Haiti, yaitu Institut Karate-Do Nasional (INKANAS), kembali membuat gebrakan di tingkat International. Setelah di tahun sebelumnya (Desember 2017) berhasil mengundang lebih dari 20 Karateka dari Jepang untuk bertanding di pertandingan International terbuka dan juga mengadakan Seminar untuk berlatih bersama dengan Juara-Juara Karate Dunia, kini mantan Kapolri tersebut kembali mengadakan seminar Karate dengan mengundang 2 orang Pelatih Karate dari Jepang yaitu Takashi Yamaguchi Sensei (DAN VII) dan Shinji Nagaki Sensei (DAN V) untuk memberikan seminar kepelatihan di Hall Sekolah Ciputra Surabaya kepada 548 peserta pada Tanggal 15-16 Desember 2018 dan di Sheraton Medan kepada 254 peserta pada tanggal 17-18 Desember 2018.

VIDEO: Sensei dari Jepang melakukan demonstrasi di acara pembukaan

Ini sudah keempat kalinya bagi Sensei Yamaguchi untuk melatih INKANAS di Indonesia. Pelatih yang juga merupakan tim Pelatih di Universitas Teikyo di Jepang ini telah banyak melatih Karate-Ka berprestasi di tingkat dunia sepeti Juara Dunia Ayumi Uekusha, Saori Ishibashi, Mugiyama Mai, Taira Sae, Kazumasa Moto dan beberapa Karateka lainnya. Sedangkan, ini akan menjadi kunjungan yang kedua bagi mantan Juara Dunia tahun 2004 Sensei Shinji Nagaki ke Indonesia.

INKANAS sangat serius untuk terus berpartisipasi di event International, Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Luar Negeri, Ricky Muchtar di sela kesempatan seminar. Setelah sebelumnya pada tanggal 7-9 Desember PB INKANAS mengirimkan 6 orang atlet untuk mengikuti Kejuaraan World Karate Federation (WKF) Karate 1 Series A di Shanghai – Tiongkok, PB INKANAS mengincar kesempatan lainnya untuk memberikan pengalaman kepada Atlet. Termasuk membuka peluang untuk Karateka INKANAS berlatih di Jepang. Hal ini juga menjadi keunggulan tersendiri bagi PB INKANAS.