Ilustrasi penggunaan bendera pada pertandingan
Ilustrasi penggunaan bendera pada pertandingan

Tahun 2019 telah berlaku, tahun 2020 baru saja bermula. Selain Tahun yang baru, Kita juga dianugerahkan dengan peraturan baru yaitu dengan dilarangnya penggunaan bendera merah dan biru pada penilaian performa Kata di pertandingan Karate.

Hal ini sebenarnya bukan sesuatu hal yang baru, karena sudah disosialisasikan oleh WKF bahwa untuk metode penilaian dengan scoring system yang mulai berlaku sejak 1 Januari 2019 dapat diikuti oleh daerah yang sudah siap. Bagi daerah yang belum siap, maka diperbolehkan penilaian menggunakkan bendera merah dan biru hingga akhir Desember 2019.

Baca juga: Sistim penilaian pertandingan Kata

Ketua Dewan Wasit PB FORKI kembali menegaskan informasi mengenai hal ini dalam pesan berantai yang disampaikan melalui WhatsApp Group. Bahwasanya setiap pertandingan yang resmi dalam hal ini mendapatkan rekomendasi FORKI baik Nasional, Daerah maupun Open tournament maka diwajibkan untuk menggunakkan scoring system Kata terbaru. Perihal implementasinya mengingat tidak setiap daerah memiliki electronic scoring system untuk Kata, maka diperkenankan untuk penggunaan manual semisal menggunakkan scoring board atau kertas selama scoring masih mengikuti peraturan dari WKF Rules.

Tonton juga: Scoring System Kata, seperti apa sih

Berikut merupakan download link untuk WKF RULES terbaru per 1 Januari 2020 yang telah diterjemahkan oleh Dewan Wasit PB FORKI.

Berdasarkan konfirmasi langsung CEO OSH Group Ricky Muchtar kepada Ketua Dewan Wasit PB FORKI bahwa terdapat keringanan terutama untuk daerah yang memiliki wasit terbatas bahwa jumlah Wasit dalam 1 panel dapat berjumlah 5 orang daripada berjumlah 7 orang seperti yang diatur dalam WKF Rules. Namun dengan berkurangnya jumlah orang maka kemungkinan seorang Atlet memiliki skor seri dengan Atlet yang lainnya menjadi besar. Untuk itu, jika Hal ini terjadi maka dalam scoring secara manual, setiap atlet yang memiliki skor seri perlu bertanding kembali dengan Kata baru. Sedangkan jika menggunakkan elektronik maka Ada langkah lain dalam menentukan juaranya.