Idris Gusti: Emas dari Papua

Idris Taher Gusti

Sorong, 20 December 1971

Pria kelahiran Irian Jaya tersebut dilahirkan dari keluarga dengan lingkungan beladiri dan olahraga. Ayahnya merupakan pelatih tinju dan sepakbola di daerahnya sedangkan 4 saudara lainnya merupakan Karate-Ka yang tidak jarang untuk meraih Juara Nasional Karate baik Kumite maupun Kata. Selain Idris Gusti, Kakak dan adiknya yang juga bergelut di Karate adalah Muhammad Gusti, Abidin Gusti, Abubakar Gusti, Idris Taher Gusti dan Abdul Gafar Gusti.

Idris Gusti mulai latihan Karate sejak kelas 5 SD sekitar tahun 1980an di Sorong oleh Shihan Yoris Raweyai dan Shihan Muhammad Gusti yang juga kakak kandung beliau di bawah naungan perguruan Indonesia Karate-Do (INKADO).

Hingga pada tahun 1993 Sensei Idris hijrah ke Ibu Kota dikarenakan menuntut ilmu di Akademi Komputer Palmerah. Prestasi di Jakarta mulai berkembang dengan menjadi Juara di tingkat Nasional dan juga sempat meraih Perunggu Kumite -55 Kg Putra di Sea Games 1991 Manila, Philippines.

Kini Sensei Idris akan kembali ke Manila dalam rangka Sea Games 2019. Namun kali ini tidak sebagai atlet melainkan pelatih Kumite tim merah putih.

Karir di pelatih bermula sejak tahun 2006 di DKI Jakarta dan berlanjut menjadi Pelatih PON 2008. Kini Pace Idris menjadi kepala pelatih PB INKADO merangkap sebagai Binpres PB INKADO.